SHARE

Bisa kuliah di kampus yang menjadi unggulan memang menjadi kebanggan tersendiri. tapi gak sedikt juga yang mundur karena persoalan biaya. dan baru baru ini gue baca salah satu situs keren The Advocate yang merekomendasikan kampus termurah tapi gak murahan di dunia.

Kampus Malaya

Kampus Malaya ini adalah kampus negri yang terletak di pinggir Kota Kuala Lumpur. pinggir Kota Kuala Lumpur. Biaya kuliah di UM per tahun kabarnya mencapai US$ 4 ribu saja atau Rp 55 jutaan. kualitas kampusnya memang sangat bersaing dengan universitas kelas dunia lainnya. Meski tergolong murah, kampus ini masih masuk dalam kategori unggulan.

Kampus of Bergen

Kampus ini adalah salah satu Kampus negeri di Norwegia dan kerap dinyatakan sebagai salah satu kampus termurah di dunia. Emang berapa sih biaya kuliah per semesternya di sana? semuanya gratis alias gak ada biaya kuliah. Tapi, biaya hidup di sana jauh lebih tinggi ketimbang biaya hidup di New York. kabarnya, biaya hidup di sana bisa mencapai US$ 17 ribu alias Rp 237 juta per tahun. Jika dibandingkan dengan Indonesia, Norwegia 117 persen lebih mahal! Nah lho, gimana tuh?

Tapi, mahal atau murahnya biaya kuliah tentu bergantung sama jenis fakultas atau jurusan yang diambil juga bukan? hehe