SHARE

Halo pe! kali ini di Yang Seru kita kedatangan Bukik Setiawan seorang Social Entrepreneur Strategist, Bloggger dan Inisiator di @bincangedukasi atau bisa liat juga rekam jejak Bukik DISINI. Saya dan bukik akan ngobrol mengenai Cara Menemukan Personal brand di socia media, mau tau? pantengin pe.

Halo Mas apa kabar lagi sibuk apa?

Halo! Kabar baik nih! Sekarang tengah nyiapkan album *eh lagi getol mempromosikan appreciative inquiry, sebuah pendekatan perubahan positif, Indonesia Bercerita, ngeblog tentang personal brand dan ngotak-ngatik dunia social media.

Di blog Mas ada salah satu kategori personal brand, memang personal brand itu apa sih?

Personal brand itu segala sesuatu yang di percakapkan tentang diri kita kemampuan, minat, tindakan, tujuan, apapun tentang kita. Personal brand yang kuat membuat “nilai” kita menjadi lebih tinggi dan bisa mempengaruhi, apakah orang lain akan menggunakan jasa kita itu personal brand.

Apa hubungannya dengan Social Media?

Personal brand adalah anak kandung media sosial. Tanpa media sosial tidak akan lahir personal brand. Mengapa? Karna dengan media sosial, setiap individu bisa mengekpresikan diri dan kemampuannya secara luas, mudah dan murah. Dulu brand itu milik perusahaan, namun adanya media sosial membuat brand tidak di miliki perusahaan saja, melaikan bisa menjadi milik individu. Artinya adanya Media sosial personal brand membuat individu tidak lagi tergantung sepenuhnya pada perusahaan/lembaga untuk membangun karir.

Bagaimana cara atau sterategi agar kita bisa memiliki personal brand di social media?

caranya mudah, ada beberapa tahapan pertama rumuskan internal personal brand kita seperti apa passion kita? apa misi kita? apa gaya kita? artinya kenali diri kita kemudian apa manfaat yang bisa kita berikan, kita perlihatkan pada orang lain. Kedua kelola ekternal personal brand kita misalnya mulailah dengan mengenal komunitas yang bisa membuat kita berkembang, kemudian aktualisasikan diri kita dengan cara memberikan solusi dalam berbagi bentuk seperti tips, posting, ebook, podcast dll. Bangun jejaring dengan beragam orang dan komunitas.

Apakah kita bisa mengambil kesempatan dari media sosial untuk membangun personal brand kita?

Bisa, tapi kebanyakan orang tidak menyadari kesempatan yang di tawarkan oleh media sosial, dan media sosial hanya di jadikan media katarsis alias menggalau. misalnya Audrey & Gamaliel Tapiheru Mereka meng-upload video nyanyi mereka di sosial media dan sekarang mereka memiliki album, zaman sekarang kita tidak terlalu mengharapkan promotor dan kontes – kontes, mengapa? karna media sosial sudah mempromosikan kemampuan kita.

Bagaimana cara kita mengenali pasar kita secara kreatif?

Kenali manfaat yang bisa kita berikan, kenali siapa yang bisa merasakan manfaat yang kita berikan. Optimalkan search di media sosial, bila perlu gunakan google alert untuk memantau percakan yang relevan.

Mau tau mas, Bagaimana cerita awalnya Mas menciptakan personal brand di sosial media?

Cerita awal? iseng, Aku suka nulis terus bikin blog dan nulis ini itu di blog nggak ada tendensi apapun selain iseng sampai kemudian mengenal konsep personal brand, jadi jangan remehkan kekuatan sebuat keisengan hehe. ohya, membangun personal brand tidak selalu harus serius bisa santai, cuman ingat porsi saja

Nah, itulah ngobrol ngobrol gue sama mas @bukik, INGAT! jangan remekan kekuatan iseng ya. yang mau mengenal @bukik lebih dekat bisa Follow @bukik