SHARE

Kamu punya website kemudian terhapus dan mengagap tulisan yang sudah kamu buat seperti sia-sia? saya punya tips untuk mengatasi artikel yang sudah hilang dari website aslinya.

Gunakan Google Cache

Google sebagai mesin pencari terbesar memiliki fitur cache yang menyimpan sebuah halaman website beberapa saat sebelum website tersebut di-update atau dihapus. Kamu hanya perlu membuka Google.com dan mencari hal yang kamu mau.

Saat kita mengembalikan artikel blog yang hilang dengan Google Chace seperti itu, yang perlu kita perhatikan antaraa lain URL tulisan, kalau bisa kita buat sama dengan yang sebelumnya, biar tidak ada maslah dengan canonical link-nya. Alamat yang lama ada tuh dibagian atas gambar kedua posting ini.

Gunakan Archive

Archive.org merupakan website yang secara konstan menyimpan halaman sebuah website dari tahun ke tahun dan menyusunnya menjadi satu katalog. Keuntungan dari menggunakan website ini adalah kamu bisa menemukan history dari sebuah website bahkan hingga beberapa tahun yang lalu.

Cara penggunannya juga gampang banget. Buka saja Archive.org dan masukkan alamat website yang kamu mau. Nanti akan tersedia tampilan kalendar yang bisa kamu pilih, mau tanggal dan tahun berapa yang ingin ditampilkan.

Sekian semoga ini bisa membantu teman – teman lainnya untuk mengembalikan artikel blog yang hilang, kalau ada pertanyaan dan saran, jangan lupa disampaikan di komentar