SHARE

Di Tahun 2010 saya pertama kali aktif berkenalan dengan sosial media mulai dari Twiiter, youtube sampai ngeblog. Tapi pada tahun 2013 semua itu menjadi kenangan yang gak bisa di abadikan untuk kembali dilihat terutama saat aktif ngeblog. Kok bisa? pada saat itu persolannya sepele, karena lupa untuk membayar domain dan hosting website saya. walhasil tidak terurus dan hilang begitu saja.

Kembali Memulai

Di tahun yang sama saya kembali memulai membuat blog komunitas film, kali ini memilih nama domain “Muterfilm” sampai tulisan ini di terbitkan. Karena blog tersebut di khususkan hanya membahas film, akhirnya insting repostase blog yang dulu kembali hadir. Akhirnya di tahun 2019 saya memilih nama domain tirtamol.com sebagai blog personal.

ON-OFF Festival “Pesta Blogger”

Saya berhasil menemukan rekem jejak digital salah satu momen ngeblog saya di acara ON-OFF Festival pada tahun 2011. Bertema “Ideas Meet Opportunities”, acara tersebut mengajak pengguna media sosial menangkap berbagai peluang untuk mewujudkannya dalam tindakan yang benar-benar nyata.

Pertemuan blogger atau penulis blog yang dikenal dengan nama ‘Pesta Blogger’ digagas oleh Endah Nasution atau biasa dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia. Acara ini telah menjadi acara rutin yang diadakan sejak tahun 2007 lalu. Tahun ini Pesta Blogger berganti nama menjadi ON-OFF 2011, dengan harapan lebih banyak lagi melibatkan masyarakat untuk aktif memanfaatkan internet dan media sosial sebagai sarana untuk menyalurkan ide, gagasan, kreativitas.

3 Desember 2011, suasana Sabtu pagi hingga sore di kawasan Epicentrum Rasuna, Jakarta, ramai dipadati ribuan anak-anak muda. Mereka adalah para penulis, anggota komunitas dan masyarakat umum yang aktif menggunakan media online atau internet, blog dan media sosial seperti Facebook dan Twitter sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi informasi. Gak hanya berasal dari Indonesia, pengunjung dan peserta datang dari sejumlah negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Pict Fest 2011

Yang saya ingat, saya dan pacar (yang sekarang menjadi isti) datang ke ajang Pict Fest ini adalah banyaknya penggiat komunitas Fotografi yang bakal saya temui, di antaranya komunitas kamera pinhole atau lubang jarum. Selain stan ini, ada berbagai komunitas fotografi menarik lainnya di ajang Pic Fest 2011. Sebut saja seperti Komunitas Black and White Lovers, iPhonesia, Fotodroids, KLASTIC, Alpharian, dan masih banyak komunitas lainnya.

Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai workshop fotografi, seperti workshop foto untuk alam, travel photography, sampai processing film BW. Pict Fest 2011 diselenggarakan pada 9-10 Desember 2011

SAE Institute

Dalam kesempatan inipun saya mengenal SAE Institute. Satu lembaga pendidikan terkemuka di dunia di bidang industri media kreatif. SAE yang memiliki 53 kampus di 27 negara telah menetapkan tolak ukur global untuk pendidikan media kreatif sejak tahun 1976.

SAE Institute Jakarta menawarkan program akademik dan industri yang terakreditasi termasuk Sertifikat, Diploma, dan Gelar Sarjana Muda di bidang Audio, Film, Animasi dan Bisnis Musik.

Dan sampai paragraf ini belum ada lagi yang saya ingat, tidak saya kasih titik biar menjadi koma untuk diterus dalam blog yang baru ini